Label

Minggu, 10 Januari 2010

SeaHorse



Nama Kuda Laut diberikan karena bentuk tubuh bagian atas biota ini seperti kepala kuda, oleh karena itu sering kali banyak yang tidak mengira bahwa kuda laut adalah ikan. Bukan hanya itu, ikan ini merupakan satu-satunya biota yang jantannya dapat hamil.


Kudalaut merupakan pasangan yang setia, mereka hanya akan mencari pasangan lain jika pasangannya mati. Ketika sepasang kuda laut bertemu, mereka akan merubah warna tubuh untuk saling menarik perhatian pasangannya kemudian saling mengaitkan ekornya. Pasangan tersebut kemudian akan melakukan tarian yang berlangsung selama
kurang lebih 8 jam. Pada proses tersebut, jantan akan memompa air ke dalam kantung telurnya untuk menunjukkan kantung telurnya yang masih kosong. Selanjutnya mereka akan saling berhadapan dan kemudian betina akan mendepositkan telurnya ke saluran telur jantan di bagian perut yang kemudian akan dibuahi oleh jantan di dalamnya.
Masa kehamilan kuda laut berlangsung selama 2 sampai 4 minggu dengan jumlah anak berkisar 100 hingga 200 anak. Kuda laut dalam bahasa latin Hippocampus (Hippo = kuda, campus : seamonster) merupakan anggota dari suku Syghnatidae. Anggota keluarga Syghnatidae di cirikan dari bentuk mulutnya yang memanjang berbentuk seperti pipa,
rahang yang menyatu. Tubuh mereka jugaM ditutupi oleh lempengan yang merupakan modifikasi dari sisik yang menutupi tubuh seperti baju jirah sehingga membuat tubuhnya lebih kaku dari ikan pada umumnya. Satu keunikan lagi dari keluarga ikan pipa adalah ikan jantanlah yang akan menjaga dan merawat telur-telur dari induk betina dan membawanya sampai telur tersebut menetas.

Anggota keluarga ini anatara lain:
- Keluarga ikan pipa (Pipe fish)
- Keluarga kuda laut (Seahorse)
- Keluarga naga laut (SeaDragon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar