Label

Kamis, 11 Juni 2009

MONSTER KUTU AIR

Bukan Monster Sesungguhnya
Beredarnya video monster air di Pantai Ancol, Jakarta Utara, membuat sejumlah warga resah. Hal tersebut karena dalam video yang direkam dengan terencana berdurasi 3.16 menit, ditampilkan bagaimana gerombolan makhluk kecil di tepi pantai menghabiskan bangkai ikan segar dalam waktu singkat layaknya seekor piranha. Binatang mirip kecoa kecil berukuran panjang sekitar 0,75 - 1,5 cm dikenal para nelayan dengan sebutan kutu air ini..
Pihak PT. Pembangunan Jaya Ancol meminta bantuan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk meneliti kebenaran tentang monster tersebut, dan hasil penelitian menyebutkan bahwa monster kecil ini merupakan parasit ikan yang tidak berbahaya untuk manusia.

"Yang disebut monster itu adalah Crustacea (udang-udangan) dengan jenis cirolana dan tidak berbahaya bagi manusia," kata peneliti sumber daya laut bagian Crustacea Pusat Penelitian Oceanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Indra Aswandy, saat konferensi pers di Gelanggang Samudra Jaya Ancol, Selasa.

Apa itu Kutu Air:
Kutu air adalah sebutan untuk hewan kecil seperti serangga atau kuman yang hidup di air. Kutu air ini dikelompokkan sebagai hewan Isopoda. Isopoda bernafas dengan insang.
Isopoda termasuk kedalam kelompok hewan Crustacea (udang-udangan), dan terdapat sekitar 10.000 jenis yang telah teridenifikasi. Ukurannya pun bermacam-macam dari 0.5 mm samapi 500 mm dengan bentuk yang bermacam-macam. Namun secara umum bagian-bagian tubuhnya seperti gambar di bawah ini :

Tempat Hidup
Sekitar 4500 jenis Isopoda merupakan penghuni dasaran daerah perairan laut.
Untuk Cirolana yang di duga sebaga Isopoda Monster Kutu air merupakan Isopoda dengan ukuran <>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar